Berita Pengadilan Negeri Bengkulu |

- PENANDATANGANAN MOU DENGAN SLB NEGERI 3 KOTA BENGKULU

fandy 19-01-2023


 

Kamis, 19 Januari 2023, bertempat di Ruang Media Center, telah dilaksanakan penandatanganan MoU antara Pengadilan Negeri/ PHI/ Tipikor Bengkulu Kelas IA dengan SLB Negeri 3 Kota Bengkulu. MoU ini ditandatangani langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri/ PHI/ Tipikor Bengkulu Kelas IA, Bapak Fauzi Isra, S.H.,M.H. dan Kepala SLB Negeri 3 Kota Bengkulu, Ibu Adella Veranti, M.Pd.

Pengadilan Negeri/ PHI/ Tipikor Bengkulu Kelas IA memahami bahwa akses terhadap keadilan merupakan hak dasar bagi setiap manusia, termasuk juga penyandang disabilitas. Akses tersebut juga meliputi akses penuh terhadap semua layanan yang ada di Pengadilan. Undang Undang nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang Disabilitas, Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 2020 tentang akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas dalam proses peradilan mengamanatkan bahwa setiap orang termasuk kelompok rentan berhak mendapatkan perlakuan dan perlindungan lebih berkaitan dengan kekhususan-nya.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan pelayanan prima bagi seluruh pengguna layanan termasuk penyandang disabilitas. Pengadilan Negeri/ PHI/ Tipikor Bengkulu Kelas IA menyelenggarakan kerja sama dengan Sekolah SLB Negeri 3 Kota Bengkulu dalam bidang Penyedia Layanan Bagi Penyandang Disabilitas. 

Diharapkan kerja sama ini dapat bermanfaat bagi kedua lembaga dan meningkatkan pemberian pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, khususnya kepada teman-teman disabilitas di wilayah hukum Pengadilan Negeri/ PHI/ Tipikor Bengkulu Kelas IA.